Bisnis No#1, join ke 085880066270

Sabtu, 21 Agustus 2010

Infeksi Cacing Kremi

Infeksi Cacing Kremi


img
Ilustrasi: crop herbalgranny.com
Deskripsi
Cacing gelang adalah parasit yang menggunakan tubuh sebagai medium untuk tetap hidup dan bereproduksi. Di dalam tubuh, telur cacing kremi menetas dan tumbuh menjadi dewasa, berukuran 0,2-0,4 inci (5 hingga 10 milimeter). Cacing dewasa dalam usus kemudian menjalar melalui sistem pencernaan untuk meletakkan telur di daerah anus. Infeksi cacing kremi tidak menunjukkan gejala atau hanya menyebabkan masalah pencernaan ringan. Tapi jika seseorang terinfeksi ratusan cacing, gejala lebih serius dan kemungkinan terjadi komplikasi.

Gejala
Infeksi cacing kremi ringan--dengan hanya sejumlah kecil cacing dewasa dalam tubuh--tidak ada gejala. Gejala-gejala muncul dengan moderat atau infeksi berat. Beberapa minggu setelah menelan telur cacing kremi, cacing betina dewasa bermigrasi dari usus ke daerah sekitar anus, di mana mereka bertelur. Migrasi biasanya terjadi pada malam hari. Migrasi ini menyebabkan:
* Gatal-gatal di daerah anal atau vaginal
* Insomnia, lekas marah dan gelisah
* Gejala saluran pencernaan yang samar-samar, seperti sebentar-sebentar sakit perut dan mual

Perawatan
Infeksi keremi ringan atau mereka yang tanpa gejala tidak membutuhkan pengobatan. Jika seseorang memiliki gejala, perlu obat anti-parasit. Untuk gejala infeksi, obat-obatan hampir selalu efektif dalam menghilangkan parasit. Karena anak-anak begitu mudah menyebar cacing kremi kepada keluarga mereka, dokter akan meresepkan obat untuk seluruh anggota keluarga mencegah agar terhindar dari infeksi dan reinfeksi.

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar