Bisnis No#1, join ke 085880066270

Rabu, 26 Juni 2013

10 Cara untuk Atasi ‘Lapar Mata’ (Cara berhenti ngemil)


Bagi Anda yang ‘lapar mata’, menurunkan berat badan tidak semudah seperti melakukan diet atau membuat keputusan untuk makan hanya ketika lapar. Jika Anda merasa Anda adalah tipe orang yang melampiaskan diri ke makanan ketika merasa sedih, penting bagi Anda untuk mengatasi penyebab dari hal tersebut, dan mencari solusi sehat untuk menangani emosi Anda. Berikut adalah 10 cara untuk mengatasi lapar mata.






Alihkan perhatian Anda
Untuk membantu mengalihkan perhatian Anda dari keinginan untuk ngemil dan emosi negatif, cobalah melakukan sesuatu yang dapat membuat Anda sibuk dan mengalihkan perhatian Anda. Buat daftar kegiatan selain makan, seperti membaca buku, bermain game, mempelajari bahasa asing, menulis, atau membuat kerajinan tangan.




Kenali pemicunya
Penting bagi Anda untuk mecari tahu pemicu yang menyebabkan Anda tidak bisa berhenti ngemil jika Anda ingin mengatasi masalah lapar mata. Beragam emosi seperti rasa bosan, stres, rasa sedih, rasa cemas, dan bahkan rasa senang dapat memicu lapar mata, jadi penting bagi Anda untuk mencari tahu emosi mana yang memicu lapar mata, serta situasi seperti apa yang menyebabkan Anda merasakan perasaan tersebut.




Menulis diary
Banyak orang yang menggunakan makan sebagai cara untuk mengalihkan perasaan galau mereka. Namun, seperti halnya dengan menghindarkan diri dari emosi negatif, penting bagi Anda untuk mengenali perasaan Anda dan belajar untuk mengungkapkannya. Untuk membuat Anda terbebas dari emosi negatif, cobalah untuk membiasakan menulis diary agar Anda dapat menyalurkan pikiran, emosi, dan pengalaman Anda sehingga Anda terbebas dari hal-hal negatif tersebut dan juga dapat memetik pelajaran.





Telepon teman
Jika Anda merasa nyaman untuk curhat, Anda dapat menelepon teman atau saudara untuk diajak bicara mengenai emosi Anda, bukannya beralih ke makanan yang hanya mampu meredakan emosi sesaat. Jika Anda memiliki masalah yang membuat Anda merasa cemas atau sedih, mendiskusikan hal tersebut dengan teman Anda kemungkinan dapat membantu Anda mencari solusi. Terkadang dengan bercerita dan didengar orang lain dapat membuat kita merasa lebih nyaman.





Ingat kembali kutipan-kutipan bijak
Kita semua pernah mengalami lapar mata, jadi akan sangat membantu jika Anda mempunyai kutipan-kutipan motivasi yang dapat Anda andalkan ketika Anda merasa sedang ingin makan. Nantinya jika Anda merasa ingin ngemil, ingat kembali manfaat yang bisa Anda dapat jika Anda menahan keinginan Anda untuk ngemil (seperti turunnya berat badan atau rasa bangga), atau baca daftar kata-kata motivasi yang sudah Anda persiapkan.






Carilah mood booster yang sehat
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi karbohidrat memicu otak untuk memproduksi serotonin - hormon pemicu rasa senang - yang mungkin menjadi penyebab sebagian orang cenderung makan pasta atau roti ketika sedang sedih. Lain kali jika Anda mengalami hal itu, Anda butuh yang namanya pemicu rasa senang, cobalah menggunakan minyak esensial seperti neroli dan lemon yang juga memicu produksi serotonin di otak. Atau Anda dapat mendengarkan musik, yang sudah terkenal sebagai salah satu cara untuk membuat Anda senang.






Berolahraga
Cara efektif lainnya untuk meredakan emosi Anda tanpa melibatkan makanan adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga maka akan memicu otak untuk mengeluarkan zat-zat seperti endorfin dan anandamida yang dapat membuat Anda merasa nyaman. Olahraga juga bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, olahraga juga merupakan cara yang sangat bagus untuk mengalihkan perhatian Anda dari keinginan untuk ngemil.






Meditasi
Jika Anda merasa emosional dan tergoda untuk ngemil, Anda dapat menenangkan pikiran Anda dengan melakukan meditasi. Luangkanlah waktu untuk fokus terhadap raga Anda, resapi apa yang Anda sedang rasakan, dan kenali situasi yang sedang Anda hadapi. Melakukan yoga dan menarik napas dalam-dalam juga merupakan cara yang efektif untuk menangkan pikiran Anda dan membuat Anda merasa santai.






Lalui saja
Sering kali kita berusaha memendam perasaan atau menghindar dari emosi negatif karena takut kita tidak cukup kuat menghadapi perasaan tersebut. Namun, Anda juga perlu mencoba merasakan emosi Anda dan juga menganggap emosi tersebut sebagai suatu hal yang terjadi hanya sementara dan Anda mampu melaluinya. Dengan menerima emosi yang tidak mengenakan bukannya lari dari masalah, Anda akan sadar bahwa Anda tidak perlu ngemil untuk menghadapi perasaan negatif tersebut.






Tidur cukup
Tidur memiliki dampak yang besar terhadap suasana hati kita, sehingga Anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menghadapi emosi negatif seperti stres dan rasa marah jika Anda kurang tidur. Tidak hanya itu, Anda juga menjadi lebih mudah tergoda untuk ngemil karena kurang tidur memiliki dampak terhadap hormon pengatur nafsu makan dan juga mengurangi kemampuan Anda untuk mengendalikan diri. Untuk membantu Anda mengurangi ngemil dan meningkatkan suasana hati Anda, pastikan Anda tidur sedikitnya tujuh jam setiap malam. 

Sumber : PlasaMSN






Tidak ada komentar:

Posting Komentar