Bisnis No#1, join ke 085880066270

Minggu, 12 September 2010

Serba-Serbi Asma Pada Ibu Hamil

Serba-Serbi Asma Pada Ibu Hamil

sumber: wolipop.com

img

Jakarta - Asma adalah gangguan pada saluran pernapasan yang disebabkan penyempitan pada otot polos dan pembengkakan selaput lendir saluran pernapasan, disertai dengan produksi lendir yang berlebihan. Gejala yang muncul pun bervariasi, mulai dari bersin-bersin ringan, sesak napas ringan, sampai penyempitan saluran pernapasan berat yang berakhir dengan kegagalan nafas.

Pada ibu hamil, saat mengalami asma harus ditangani dengan cepat. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menimbulkan gangguan pada bayi seperti, lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, janin meninggal mendadak, pertumbuhan janin terhambat dan suplai oksigen ke sel-sel janin tidak mencukupi.

Untuk mencegah resiko gangguan pada janin, sangat penting bagi Ibu hamil untuk menjaga kesehatan. Hindari timbulnya serangan asma, periksakan kehamilan secara teratur, kunjungi dokter sejak awal untuk pengobatan asma.

Bila kehamilan semakin besar lakukan latihan pernapasan untuk mengurangi rasa sesak. Tindakan pencegahan ini tidak hanya baik untuk mencegah asma kambuh, tetapi juga untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Jangan lupa untuk memperhatikan faktor lingkungan karena kambuhnya penyakit asma dapat disebabkan oleh hal tersebut. Hindari hal yang dapat memicu asma kambuh dengan menjaga kebersihan dan lingkungan tempat tinggal. Biasakan cuci tangan untuk meminimalkan terjadinya infeksi akibat virus dan lapisi bantal dengan sarung yang tebal agar debu tidak beterbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar